Cara Merubah Format Flashdisk FAT/FAT32 Menjadi NTFS

ada beberapa aplikasi yang tidak bisa menggunakan fat dan hanya sopport denga NTFS, tips ini di lakukan tanpa menggunakan Software, jadi bisa langsung di praktekkan.
Salah satu alasan untuk merubah format flashdisk dari FAT32 ke NTFS adalah karena pada sistem NTFS terdapat fitur pengenkripsi data sehingga tidak bisa sembarang dihubungkan ke macam2 device. Selain itu sistem NTFS sangat baik untuk digunakan pada media penyimpanan berukuran besar karena memiliki kemampuan untuk mengompress file untuk kemudian menyimpan space pada media penyimpanan tersebut dalam hal ini adalah flashdisk. Sebelum anda melakukan format, perlu diketahui bahwa hanya flashdisk yang berukuran besarlah yang dapat menggunakan format ini, paling tidak memiliki space sebesar 8 GB. Cara untuk melakukan format flashdisk adalah sebagai berikut:
Cara Pertama :

1. Klik kanan pada My Computer, dan klik Manage
2. Klik pada Device Manager dan kemudian pilih Disk Drive seperti pada gambar di bawah :



3. Klik kanan pada USB Drive yang dipilih dan klik Properties. Klik pada tab Policies, Anda akan mendapatkan 2 pilihan yaitu “Optimize for quick removal” dan “Optimize for performance”. Pilih pilihan kedia yaitu “Optimize for performance”.


4. Klik Ok dan menuju ke My Computer. Klik kanan pada drive di My Computer dan polih Format. Pada File System pilih format NTFS dan klik start untuk memulai.

6. Selesai
Cara Kedua :
1. Klik menu Start pada Windows XP, klik Run, ketik cmd, tekan Enter.
2. Akan ada Command Prompt yang terbuka. ketik kode di bawah: 
convert e: /fs:ntfs (e= drive dimana Flashdisk anda berada contoh D, E, F, G)
3. Proses format akan berjalan dan akan memakan waktu beberapa menit, setelah itu format flaskdisk anda akan berubah ke NTFS.

SELAMAT MENCOBA !!!!!!

2 comments

Terimakasih Infonya Sob :D

Salam kenal yaaak ^_^

Reply

Post a Comment