A. Penyajian
atau Penulisan Algoritma
Penyajian algoritma
secara garis besar bisa dalam 2 bentuk penyajian yaitu tulisan
dan gambar. Algoritma
yang disajikan dengan tulisan yaitu dengan struktur bahasa
tertentudan pseudocode.
Pseudocode adalah kode yang mirip
dengan kode pemrograman yang sebenarnya.
Sedangkan algoritma
disajikan dengan gambar, yaitu dengan Flowchart.
Flowchart merupakan alat yang banyak digunakan untuk menggambarkan
algoritma
dalam bentuk notasi-notasi tertentu.
Flowchart merupakan gambar atau bagan yang
memperlihatkan urutan dan hubungan antar
proses beserta pernyataannya. Gambaran
ini
dinyatakan dengan simbol.
flowchart
akan memudahkan kita untuk melakukan
pengecekan bagian-bagian yang terlupakan
dalam analisis masalah. Di samping itu
flowchart juga berguna sebagai fasilitas
untuk berkomunikasi antara pemrogram
yang
bekerja dalam tim suatu proyek.
anjuran:
1) Hindari pengulangan proses yang tidak
perlu dan logika yang berbelit sehingga
jalannya proses menjadi singkat.
2) Jalannya proses digambarkan dari atas
ke bawah dan diberikan tanda panah untuk
memperjelas.
3) Sebuah flowchart
diawali dari satu titik START dan diakhiri dengan END.
Pengertian
Simbol Flowchart:
1)
Terminator : Notasi ini digunakan untuk menunjukkan awal dan akhir suatu
algoritma
2)
Aliran data : Notasi ini disebut Arrow yang digunakan untuk menunjukkan
arus
data
atau aliran data dari proses satu ke proses lainnya.
3)
Input / Output : Notasi ini disebut Data yang digunakan untuk mewakili
data
input atau output atau menyatakan
operasi pemasukan data dan pencetakan hasil.
4) Proses : Notasi ini disebut
proses.
Process yang digunakan untuk mewakili
suatu
5) Percabangan : Notasi ini
disebut
Decision yang digunakan untuk suatu
pemilihan, penyeleksian kondisi di dalam
suatu program
6) Preparation : Notasi ini
digunakan untuk memberi nilai awal, nilai akhir,
penambahan / pengurangan bagi suatu
variable counter.
7) Predefined Process / Call : Notasi
ini digunakan untuk menunjukkan suatu
operasi yang rinciannya ditunjukkan
ditempat lain (prosedur, sub-prosedur,
fungsi)
8. Connector
: Notasi ini digunakan
untuk menunjukkan sambungan dari
flowchart yang terputus di halaman yang
sama atau halaman berikutnya.
9. Off page Connector : Penghubung
bagian-bagian flowchart yang berada pada
halaman berbeda
Contoh Flowchart :
Problem: Menghitung luas persegi panjang
Algoritma:
1. Masukkan panjang (p)
2. Masukkan lebar (l)
3. Hitung luas (L), yaitu panjang kali
lebar
4. Cetak luas (L)
Algoritma Pemrograman
:
<?php
$panjang
=6;
$lebar
=5;
$luas=
$panjang*$lebar;
echo
"Jadi Luas Persegi Panjang adalah . $luas";
?>
B.
Struktur
Dasar Algoritma
Jadi struktur dasar
pembangunan algoritma ada tiga, yaitu:
1) Struktur Runtunan / Beruntun :
Digunakan untuk program yang pernyataannya sequential atau urutan.
2) Struktur Pemilihan / Percabangan :
Digunakan untuk program yang menggunakan pemilihan atau penyeleksian kondisi.
1. Struktur Algoritma Runtunan /
Berurutan :
Struktur
berurutan dapat kita samakan dengan mobil yang sedang berjalan
pada jalur
lurus yang tidak terdapat persimpangan seperti tampak pada Gambar
disamping
Mobil tersebut akan melewati kilome demi kilometer jalan sampai tujuan tercapai. Struktur
berurutan terdiri satu atau lebih instruksi. Tiap instruksi dikerjakan secara
berurutan sesuai dengan urutan penulisannya,
yaitu
sebuah instruksi dieksekusi setelah instruksi sebelumnya selesai dieksekusi.
Urutan
instruksi menentukan keadaan akhir dari algoritma. Bila urutannya diubah,
maka
hasil akhirnya mungkin juga berubah.
Menurut Goldshlager dan Lister
(1988) struktur berurutan mengikuti
ketentuan-ketentuan sebagai berikut:
a. tiap instruksi dikerjakan satu persatu
b. tiap instruksi dilaksanakan tepat sekali, tidak
ada yang diulang
c. urutan instruksi yang dilaksanakan pemroses sama
dengan urutan aksi
sebagaimana yang tertulis di dalam algoritmanya
d. akhir dari instruksi terakhir merupakan akhir
algoritma.
2. Struktur Algoritma Percabangan
Sebuah program tidak selamanya akan
berjalan dengan mengikuti struktur berurutan, kadang-kadang kita perlu merubah
urutan pelaksanaan program dan menghendaki agar pelaksanaan program meloncat
kebaris tertentu. Peristiwa ini kadang disebut sebagai percabangan/pemilihan
atau keputusan. Pada struktur percabangan, program akan berpindah urutan
pelaksanaan jika suatu kondisi
3.
Struktur Algoritma Perulangan / Pengulangan
Dalam banyak kasus seringkali kita
dihadapkan pada sejumlah pekerjaan yang harus diulang berkali.Salah satu contoh
yang gampang kita jumpai adalah balapan mobil seperti tampak pada gambar ini
Mobil-mobil peserta harus mengelilingi lintasan sirkuit berkali-kali sesuai
yang ditetapkan dalam aturan lomba. Siapa yang mencapai garis akhir paling
cepat, dialah
yang menang.
Struktur pengulangan terdiri dari dua
bagian :
1. Kondisi pengulangan, yaitu syarat
yang harus dipenuhi untuk melaksanakan
pengulangan. Syarat ini biasanya
dinyatakan dalam ekspresi Boolean yang
harus diuji apakah bernilai benar (true)
atau salah (false)
2. Badan pengulangan (loop body), yaitu
satu atau lebih instruksi yang akan
diulang
Pada
struktur pengulangan, biasanya juga disertai bagian inisialisasi dan
bagian
terminasi. Inisialisasi adalah instruksi yang dilakukan sebelum
pengulangan
dilakukan pertama kali. Bagian insialisasi umumnya digunakan
modulalgoritma dan peemograman
untuk memberi nilai awal sebuah
variable. Sedangkan terminasi adalah instruksi yang dilakukan
setelah pengulangan selesai dilaksanakan. Ada beberapa bentuk pengulangan yang
dapat digunakan, masing-masing dengan syarat dan karakteristik tersendiri.
Beberapa bentuk dapat dipakai untuk kasus
yang
sama, namun ada bentuk yang hanya cocok untuk kasus tertentu saja. Pemilihan
bentuk pengulangan untuk masalah tertentu dapat mempengaruhi kebenaran
algoritma. Pemilihan bentuk pengulangan yang tepat bergantung pada masalah yang akan diprogram.
structur pencabangan
structur pengulangan
3 comments
Kalo boleh kasih saran, kasih readmore, and benerin lagi tuh sidebarnya (berantakan) sejauh ini lumayan bagus, good job.
Replyterima kasih atas sarannya bg
ReplyCasino Finder (NV) - Mapyro
ReplyFind the BEST 용인 출장안마 Casino Finder (NV) with reviews, ratings, comments and hourly commission rates. 대구광역 출장안마 Use our powerful online 남원 출장마사지 tools 과천 출장샵 to find What states offer Casino Finder?What payment methods are accepted at Casino 의정부 출장마사지 Finder?
Post a Comment